STIE KH Ahmad Dahlan Lamongan
Masa Ta’aruf dan Orientasi Mahasiswa (MASTAMA)
Masa Ta’aruf dan Orientasi Mahasiswa (MASTAMA)
14 Desember 2018 | by Bayu Malikhul Askhar
Menyambut Mahasiswa baru, STIE KH. Ahmad Dahlan menyelenggarakan acara Masa Taaruf Mahasiswa Baru. Kegiatan ini mengusung tema “MANIFESTASI TRI DHARMA PERGURUAN TINGGIDALAM MEMBENTUK AKADEMISI IDEALIS PROGRESIF”. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni sabtu dan ahad tanggal 2 s/d 3 September 2016 Acara demi acara berlangsung dengan khidmat, hadir dalam acara tersebut sekaligus memberikan pembukaan Ketua STIE KH. Ahmad Dahlan bapak Drs. Mustofa Nur, MM. Beliau berpesan bahwa Mahasiswa bukan lagi Siswa, yang dalam mencari ilmu harus disuguhi oleh pengajar, Mahasiswa hanya mendapatkan materi 30% dari bapak/ibu dosen, selebihnya harus mencari literatur sendiri di luar perkuliahan.
Sambutan oleh ketua panitia kegiatan MASTAMA disampaikan oleh Lukman Nul Hakim yang berpesan bahwa Tridarma perguruan Tinggi harus dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa STIEKHAD, yakni yang pertama adalah Pendidikan, pendidikan harus dilalui oleh mahasiswa. Baik dengan mengikuti perkuliahan formal maupun informal. Yang kedua adalah Pengabdian, dalam hal ini banyak yang menafsirkan bahwa pengabdian hanyalah dengan melakukan KKN (kuliah kerja nyata). Itu memang bagian dari pengabdian, tetapi diluar itu masih banyak cara cara pengabdian, salah satunya adalah dengan memberikan seminar/ arahan langsung kepada masyarakat umum, melakukan Demo/Aksi dan lain sebagainya. Yang ketiga adalah Riset, Riset ini biasanya diwujudkan dalam tugas akhir (skripsi)”.

MASTAMA merupakan kegiatan untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan kegiatan institusional yang dilaksanakan STIE KH. Ahmad Dahlan untuk mensosialisasikan kehidupan di Perguruan Tinggi dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan universitas, fakultas, mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait.

Adapun tujuan MASTAMA adalah: Mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
Menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal.
Memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan.
Mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar di Perguruan Tinggi serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di kampus, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.
Menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib, dan dinamis Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi MASTAMA merupakan kelengkapan non-struktural pada kampus STIE KH. Ahmad Dahlan. Adapun fungsi MASTAMA adalah sebagai:

Fungsi orientasi bagi mahasiswa baru untuk memasuki dunia Perguruan Tinggi yang berbeda dengan belajar di sekolah lanjutan.
Fungsi komunikatif yakni komunikasi antara civitas akademika dan pegawai administrasi kampus.
Fungsi normatif yakni mahasiswa baru mulai memahami, menghayati dan mengamalkan aturan-aturan yang berlaku di kampus.
Fungsi akademis yakni pengembangan intelektual, bakat, minat dan kepemimpinan bagi mahasiswa.
Powered by mac.edu.cms